HUKUM
MEMPELAJARI HAID
Mempelajari haid
hukumnya fardu ain bagi seorang wanita yang sudah balig. Bagi orang tua atau
suami tidak berhak melarang ( hukumnya haram) kecuali apabila mereka mampu
untuk mengajarnya.
PENGERTIA HAID
Haid adalah
darah yang keluar dari kemaluan seorang wanita ketika sudah mencapai umur 9
tahun kurang 16 hari ( tidah harus genap 16 hari). Tidak disebabkan sakit atau
melahirkan.
Apabila seorang wanita mengeluarkan darah
sebagian sudah masuk usia haid dan sebagian belum masuk usia, maka darah yang
keluar yang sudah masuk usia dinamakan
darah haid dan yang belum masuk usia buakan dinamakan darah haid
Contoh :
Wanita usia 9
tahun kurang 20 hari. Mengeluarkan darah 7 hari, maka yang 4 hari pertama darah
istihadhoh, dan yang 3 hari darah haid
Istihadoh haid
11,12,13,14,15,16,17.18.19.20.21,22,23,24,25,26,27,28,29,30. 9 th
..
SYARAT-SYARAT
DARAH HAID
Darah yang keluar dari kemaluan seorang
wanita bias di sebut darah haid apabila memenuhi 4 syarat yaitu :
1.
Apabila
sudah berumur 9 th kurang 16 hari
2.
Darah
yang keluar minimal sehari semalam (24) jam walaupun terputus-putus, selama
tidak melebihi 15 hari.
3.
Darah
yang keluar tidak melebihi 15 hari 15 malam
4.
Keluarnya
darah setelah minimal kesucian (15 hari 15 malam)
Dengan demikian, wanita yang mengeluarkan
darah tidak sesuai dengan ketentuan diatas maka disebut darah istikhadhoh.
BATASAN DARAH
HAID
Paling sedikit
darah haid sehari semalam ( 24 jam )
Umumnya darah
haid 6 atau 7 hari
Maksimal darah
haid 15 hari 15 malam
Apabila
mengeluarkan darah diragukan apakah mencapai 24 jam atau belum, maka hukumnya
menurut:
a.
Imam
ibnu hajar dinamakan darah istikhadhoh
Warna darah itu
ada 5 yaitu:
1.
Hitam
2.
Merah
3.
Merah
agak kuning
4.
Kuning
5.
keruh
(coklat)
Selama
darah yang keluar tidak melebihi 15 hari/malam, warna darah tidak mempengaruhi,
sehingga semua darah yang keluar dihukumi haid.Sedangkan masa suci yang
memisahkan antara dua haid-an ( haid pertama dan kedua) minimal 15 hari.
Apabila masa suci yang memisah kurang 15 hari, maka diperinci sebagai merikut:
a. jika masa
keluarnya darah pertama, masa pemisah (keluarnya darah pertama dan kedua)
dan masa keluarnya darah kedua masih kurang 15 hari, maka semuanya dihukumi
haid
contoh:
keluar darah 5
hari, berhenti 3 hari, keluar lagi 5 hari
1,2,3,4,5, 6,7,8, 9,10,11,12,13,14,15.
16,17……….30 hari
Namun
menurut pendapat muqobilul mu’tamat (dijadikan pegangan) pada
masa berhenti dihukumi suci. Tapi dalam masalah tholak (pegat) dan iddah semua
berpendapat ikut pada pendapat yang pertama.( semua dihukumi haid)[2]
b. Jika masa
keluarnya darah yang pertama ditambah masa suci (berhentinya darah antara
darah pertama dan kedua) mencapai 15 hari, sedangkan masa keluarnya darah
yang kedua di tambah masa suci, jumlahnya genap 15 hari/kurang maka hukumnya di
perinci sebagai berikut:
a. Darah pertama
dihukumi haid
b.
Darah
kedua dihukumi istihadhoh
Contoh:
1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16,17,18,19,20,21,22,23,24,25,26,27,28,29,30.
Keluar drh 1 +
suci =15 hr
suci + Keluar drh 2 = 15/krg
Haid Suci Istihadhoh (SPJ)
c. Dan apabila
keluarnya darah pertama dan darah kedua ditambah masa cuci melebihi 15 hari
maka hukumnya adalah darah yang pertama darah haid, dan darah yang kedua yang
menjadi penyempurna genap masa suci dihukumi darah fasat, sedangkan darah kedua
selain yang mnenjadi penyempurna masa suci hukumnya adalah
a. Jika mencapai 24
jam dihukumi haid
b. Jika tidak
mencapai 24 jam dihukumi istihadhoh.
Contoh :
Drh 1 + suci +
drh 2 = lebih 15 hr
1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16,17,18,19,20,21,22,23,24,25,26,27,28,29,30
Sucinya berhenti
digenapkan 15hr Istihadhoh (SPJ)
Haid Suci bila sampai
24 jm haid,
bila tidak istihadhoh
d.
Jika
sisa darah kedua melebihi 15 hari ( masa maksimal haid) maka perempuan ini
tergolong mustahadhoh yang hukumnya akan dijelaskan lebih lanjut:
Contoh:
10 hr
14 hr 20 hr
1,2,3………10,11,12,13………20,21,22,23,24,25,26……….30,1,2,…….13,14,15…
Yg
19 hr Diterangkan pada
bab mustahadhoh
Haid Suci Istihadhoh (SPJ)
Yang 19 hari dari keluarnya darah kedua
hukumnya sebagai berikut ( tergolong mustahadhoh)
a.
Jika
belum punya pengadatan, atau wanita baru pertama kali mengeluarkan darah, dan
dia tidak bisa membedakan darah kuat dan lemah maka dari 19 hari tersebut yang
dihukumi haid adalh hanya satu hari satu malam.
b.
Apabila
dia sudah mempunyai pengadatan haid, maka dari 19 hari tersebut haidnya
disamakan dengan pengadatan sebelumya. Untuk lebih jelas diuraikan pada bab
mustahadhoh.
e.
Jika
keluarnya darah kedua masih dalam 15 hr dihitung dari keluarnya darah pertama,
kemudian darah kedua tersebut keluar sampai melebihi 15 hari dari keluarnya
darah pertama, maka menurut pendapat yang shoheh wanita itu tergolong
mustahadhoh. Yang hukumnya akan dijelaskan lebih lanjut.
Contoh
:
Maksimal haid
1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16,17,18,19,20,21,22,23,24,25,26,27,28,29,30
Keterangan:
Darah dianggap berhenti apabila tidak ada lagi bekas
darah ketika memasukkan kapas pada lubang vagina bagian luar.
N I F A S
Nifas adalah darah yang keluar dari kemaluan
seorang perempuan setelah sempurna melahirkan yang tidak dipisah dengan masa
suci 15 hari/lebih. Minimal masa nifas hanya sedikit ( setetes) umum-umunya
nifas 40 hari, dan maksimal nifas 60 hari ( dua bulan).
Dengan
demikian, apabila perempuan setelah melahirkan mengeluarkan darah dengan
terputus-putus (berhenti) asalkan terputusnya darah tidak melebihi 15 hari dan
masih belum mencapai 60 hari( 60 hari kebawah) maka semuanya dihukumi nifas,
baik masa mengeluarkan darah atau berhenti.
Contoh:
4hr 9hr 12hr 5hr 4hr 6hr 19hr
1,2,3,4,5……13,14,15,…………25,26…….30.1,2,3,4………10,11………30
NIFAS
|
Tetapi apabila
terputusnya darah ( darah berhenti) melebihi 15 hari maka darah pertama di
hukumi nifas darah berhenti dihukumi suci dan darah kedua dihikumi haid
Contoh:
10hr 21hr 10hr 21hr
1,2,3,4,………….10,11,12,13,…………..30. 1,2,3,4,…………..10,11,……..30.
Nifas Suci Haid suci
BILA DARAH
BERHENTI
Jika
seseorang yang mengalami haid darahnya telah berhenti maka:
a.
Ia
diharuskan mandi, sholat, puasa, dan melakukan rutinitas ibadah yang lain,
namun apabila darah yang keluar kurang dari 24 jam maka dia cukup membasuh
vaginanya dan wudhu.
b.
Bila
sebelum mandi ingin makan, minum atau tidur, maka disunahkan membersihkan
vaginanya kemudian berwudhu dengan niat:
نويت الوضوء المسنون لله تعالى
c. Sebelum mandi semua hal-hal yang diharamkan ketika haid masih tetap
berlaku kecuali tholaq, berjalan dalam masjid, thoharoh dan puasa. Dengan
demikian sebelum wanita itu mandi sudah boleh niat puasa.
HAL-HAL YANG DIHARAMKAN KETIKA HAID DAN NIFAS
1. Sholat
2. Sujud ( syukur/tilawah)
3. Thowaf
4. I’tikaf/berdiam didalam masjid
5. Lewat didalam masjid, apabila khawatir darahnya menetes pada masjid
6. Membaca dan menyentuh al-quran
7. Puasa
8. Bersuci dari hadast atau karena ibadah, seperti mandi jumat. Sedangkan
mandi hari raya, mandi haji atau mandi karena berkumpul dengan orang banyak
hukumnya tidak haram.
9. Dicerai
10. Bersetubuh atau sentuhan kulit pada anggota tubuh mulai lutut sampai
pusar.
MANDI
Fardhunya mandi
ada tiga yaitu:
1. Niat
2. Menghilangkan najis pada badan
3. Meratakan air keseluruh badan, mulai ujung rambut sampai ujung kaki termasuk
lipatannya daun telinga, sesuatu yang Nampak dari kemaluan wanita janda ketika
duduk jongkok dan dubur (bol)nya orang yang sakit ambiyen. Selain itu semua air
yang digunakan haruslah air yang suci dan menyucikan. Dan juga pada anggota
tubuh tidak ada yang menghalangi datangnya air pada kulit seperti tip-x, karet,
cat dan juga kotoran mata ( ketek, bhs jawa) dan kotoran yang ada dibawah kuku.
Keterangan:
1. Hukum muwalah ( terus menerus) membasuh anggota satu anggota ke anggota
yang lain hanyalah sunah. Dengan demikian boleh membasuh sebagian tubuh
sedangkan sisanya dibasuh kemudian, dan niatnya cukup pada basuhan yang
pertama.
2. Dalam mandi, air harus mengalir, sehingga tidak dianggap cukup dengan
hanya mengusap air pada anggota tubuh.
3. Rambut atu kuku yang rontok ketika masih dalam masa haid atau nifas,
tidak dibasu, hanya saja bagi orang yang haid atau nifas atau junub, hendaknya
tidak memotong rambut dan kuku sebelum mandi, sebab barang tersebut kelak dapat
dikembalikan kepadanya dalam keadaan junub.(bagi orang yang gegabah).[3]
SHOLAT YANG DI QODHO
Apabila datangnya
haid aitau nifas setelah masuknya sholat yang sekira cukup untuk melakukan
sholat maka sholat tersebut harus di qodho’ kecuali bagi orang yang selalu
hadast (besar) maka syaratnya waktu
tersebut cukup digunakan bersuci dan sholat.
Sedangkan untuk berhentinya haid dan
nifas maka qodho’ sholatnya sebagai berikut:
1. Apabila berhenti masih dalam waktu sholat yang sekiranya cukup digunakan
untuk mengucapakan Allahu Akbar ( takbirotul ikhrom ) maka sholat
yang harus di qodho’ adalah pada waktu berhentinya haid dan sholat sebelumya
(apabila sholat sebelumnya sholat yang bisa dijama’)
Contoh:
Berhenti haid pada waktu asyar tinggal 5 detik ( waktu
yang cukup untuk takbirotul ikhrom) maka sholat yang diqodho’ adalah sholat
dhuhur dan ayar.
2. Apabiala berhentinya haid pada waktu sholat yang tidak bisa dijama’ maka
yang diqodho’ hanya sholat waktu berhentinya saja.
Contoh:
Haid berhenti pada waktu subuh tinggal 5 detik, maka yang diqodho’ hanya
sholat subuh.
Keterangan:
1. Sholat yang bias dijam’ adalah magrib dengan isya’ dan dhuhur dengan
asyar.
2. Apabila ketika berhentinya haid waktu
sholat masih cukup untuk bersuci dan sholat maka sholatnya tidak boleh di
qodho’ ( harus ada’/langsung sholat)
ISTIHADHOH
Istihadhoh adalah darah yang keluar dari kemaluan seorang wanita diluar
ketentuan haid dan nifas. Dan wanita yang mengeluarkan darah tersebut dihukumi
daimul hadast (orang yang selau hadast) sehingga wanita tersebut boleh
disetubuhi, dan wajib berpuasa dan
sholat, dengan cara membersihkan najis disekitar kemaluan, kemudian
menyumbatnya dengan kapas sampai masuk kedalam vagina yang tidak wajib dibasuh ketika
istinja’ (tempat yang tidak Nampak ketika duduk jongkok) kecuali apabila dia sedang berpuasa walaupun
puasa sunah[4] ( tidak boleh masuk kedalam, cukup bagian luar saja) atau dia merasa
sakit.
Apabial sudah sesuai dengan ketentuan diatas, maka sudah dianggap cukup
walaupun ada darah yang masih keluar kemudian segera wudhu dengan niat:
نويت الوضوء لاستباحة الصلاة فرضا لله تعالى
Dan setelah itu harus segera
melakukan sholat, kecuali untuk kemaslahatan sholat seperti menunggu jamaah.
Bagi orang yang istihadhoh harus
berwudhu setiap hendak melakukan sholat fardhu ( satu wudhu untuk satu sholat
fardhu) walaupun ia belum mempunyai hadas lain. Sedangkan untuk sumbat, menurut
satu pendapat tidak harus diganti kecuali sumbat itu bergeser dari tempat
semula atau nampak darah disekitar sumbat tersebut. Apabila ini terjadi, maka
wajib membasuh kemaluannya dan menyumbat kembali dengan kapas[5] dan bersucinya harus sudah masuk
waktu sholat
Keterangan:
Bila biasanya darah berhenti pada saat waktu sholat
masih ada, yang sekiranya cukup untuk melaksanakan sholat dan bersuci maka
sholatnya menunggu waktu suci,[6]
Masalah
istihadhoh erat kaitanya dengan kuat dan lemahnya darah, yang dipengaruhi oleh
warna dan sifat-sifat darah.
a. Warna darah sesuai dengan urutan yang
paling kuat
a. Hitam
b. Merah
c. Merah agak kuning
d. Kuning
e. Keruh
b. Sifat-sifat darah.
a. Kental, cair
b. Berbau, tidak berbau
Apabila masing-masing darah mempunyai
warna dan sifat yang sama-sama kuat, maka yang dihukumi darah kuat adalah
darang yang lebih banyak cirri-ciri yang mengarah pada darah kuat.
Contoh:
Darah hitam kental dan berbau, lebih kuat di bandingkan
darah hitam kental tidak berbau
MUSTAHADHOH
Orang yang istihadhoh itu ada 7 yaitu:
1. Wanita yang pertama kali haid dan dia
bisa membedakan darah kuat dan lemah (mumayyizah)
Golongan ini
harus memenuhi 3 syarat yaitu:
1. Darah kuat tidak kurang dari sehari semalam
(24 jam)
2. Darah kuat tidak melebihi 15 hari
3. Darah lemah tidak kurang 15 hari
apabila ada darah kuat yang kedua, apabila tidak ada darah kuat yang kedua maka
dihukumi mumayyizah dengan 2 syarat saja.
Maka periciannya sebagai berikut:
1. Darah kuat dihukumi haid
2. Darah lemah dihukumi istihadhoh
Contoh:
5hr merah (qowi) 17hr kuning (doif) 5hr merah (qowi)
1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16,17,18,19,20,21,22,23,24,25,26,27,28,29,30
Haid Istikhadhoh Haid
Sedangkan apabila darah itu ada yang
kuat, ada yang lemah, dan ada yang sangat lemah maka darah yang lemah dihukumi
darah yang kuat (haid) dengan 3 syarat yaitu:
1. Darah kuat keluar terlebih dahulu
2. Darah kuat dan lemah keluarnya secara
berurutan (muttasil)
3. Darah kuat dan lemah patut dihukumi
haid ( tidak melebihi 15 hari)
Apabila tidak memenuhi 3 syarat diatas maka yang
dihukumi haid hanya darah yang kuat saja
Contoh:
5hr hitam 10hr merah 5hr kuning
(qowi) (doif) (paling doif)
1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16,17,18,19,20,21,22,23,24,25,26,27,28,29,30
haid mandi
istihadhoh
Dalam kasus diatas mandinya harus
menunggu sampai 15 hari, kemudian bulan berikutnya dia wajib mandi disaat darah
kuat berubah menjadi darah lemah
2. Wanita yang pertama kali haid,
kemudian dia mengeluarkan darah melebihi 15 hari, dan dia tidak bisa membedakan
darah kuat dan darah lemah, atau bisa membedakan darah tetapi tidak memenuhi
syarat-syarat yang ada pada golongan pertama, maka yang dihukumi haid hanya
sehari semalam awal, dan sisanya dihukumi istihadhoh.
Contoh:
10jam 13hr merah 5hr kuning
(qowi) (doif)
(doif)
1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16,17,18,19,20,21,22,23,24,25,26,27,28,29,30
1hr/mlm (Haid) istihadhoh
Dalam kasus
diatas mandinya harus menunggu sampai 15 hari, kemudian bulan berikutnya dia wajib mandi disaat darah
keluar sudah mencapai 24 jam.
3. Wanita yang sudah pernah haid,
kemudian mengalami istihadhoh serta dia bias membedakan darah kuat dan lemah
serta terpenuhi 3 ketentuan golongan pertama, maka darah kuat dihukumi haid,
dan darah lemah dihukumi istihadhoh. Kecuali apabila antara adat dan darah kuat
dipisahkan 15 hari, maka adat dihukumi haid, darah lemah dihukumi
istihadhoh dan darah kuat dihukumi haid
Contoh:
Perempuan mempunyai adad 6 hari mengeluarkan darah 28
hari dan darah 25 hari.
Haid istihadhoh (suci) haid
1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16,17,18,19,20,21,22,23,24,25,26,27,28,29,30
0 komentar:
Posting Komentar